Review Final fantasy VII Remake

Available Platforms
Genre

Action-RPG

Release Date

10 April 2020

Developer

Square Enix

Publisher

Square Enix

Deals
Rp440,860
Final Fantasy VII Remake merupakan game Action-RPG yang dikembangkan dan dipublikasikan oleh Square Eni untuk PS4, dan PS5.

Jagoangame.id – Membuat ulang game yang sangat legendaris menjadi game yang terbarukan merupakan pekerjaan yang sangat sulit. Banyak pengembang game sempat melakukan proses membuat ulang game ikoniknya demi mewujudkan permintaan dari para penggemarnya yang malah gagal memenuhi apa yang mereka inginkan. Situasi yang seperti ini yang membuat Squar Enix lama mengumumkan secara resmi Final Fantasy VII Remake.

Pada akhirnya Square Enix mengumumkan secara resmi Final Fantasy VII Remake di pergelaran E3 2015 yang lalu. Dan setelah 5 tahun pengumumannya game ini hadir untuk para game yang sudah lama menunggu.

Story

https://youtu.be/ERgrFVhL-n4 Mako merupakan sumber daya yang dibutuhkan untuk kehidupan diplanet dan merupakan energi untuk menggerakan midgar, Midgar merupakan kota yang dibangun dan dikuasai oleh perusahaan bernama Shinra Electric Power Company, dengan memerinta dengan sewenang wenang menggunakan Maka Reactor. Dengan berkuasanya Shinra yang ingin menguasai setiap aspek kehidupan didunia, muncullah para pemberontak Anti-Shinra yang menyebut dirinya dengan nama Avalanche. Pemeran utama dalam game ini yaitu Cloud Strife, Ia merupakan mantan tentara elit Shinra yang saat ini telah menjadi tentara bayaran, Ia disewa oleh Avalanche untuk membantu mereka untuk misi menghancurkan Mako REactor 1 yang berada di kota Midgar. Dalam misinya Cloud akan dibantu oleh Biggs, Jessie dan Wedge yang dimana mereka juga menaruh dendam dengan Shinra. Apa yang terjadi dengan misi mereka untuk menghancurkan Mako Reactor 1? Temukan jawabannya dengan bermain game Final Fantasy VII Remake.

Gameplay

Final Fantasy VII Remake

Final Fantasy VII Remake tidak lagi menggunakan sistem Turn-based RPG seperti dahulu kala, dikarenakan sang pengembang menyadari genre tersebut sudah tidak relevan untuk digunakan game terbaru saat ini.

Setelah melewati Video awal yang membuat hati berdebar, Kalian akan masuk ke awal permainan menggunakan karakter Cloud Strife, Jika kalian pernah memainkan Demo yang dibuka bulan lalu, seperti itulah awal Chapter pembuka dari game ini.

Pada awal game ini mulai, Kalian akan ditunjukan pada sistem pertarungan yang baru melalui tutorial. Pada setia karakter akan diberikan empat bar yang benrbeda-beda yaitu HP (Health Point, MP (Magic Point), ATB {Active Time Battle, dan Limit Bar. Untuk HP dan MP kalian pasti sudah tahu karna setiap game RPG akan ada bar itu. Untuk ATB merupakan bar yang akan terpenuhi jika kalian menggunakan perintah seperti sihir, skill, item atau summon. Kalau untuk limit Bar merupakan bar yang bisa dipakai untuk menggunakan serangan spesial dari karakter.

Game ini menggunakan sistem Turn-base dengan Hck-and-Slash, dengan begitu kalian akan menggunakan serngan tanpa perlu menunggu bergantian serangan. Akan tetapi FFVII Remake tetap mempertahankan strategi dengan memberikan perintah. Hanya dengan menekan tombol Kotak berkali kali, Kalian dapat mendapatkan kombo. Jika kalian menahan tombol kotak Kalian, akan menghasilkan sebuah serangan yang lebih kuat dari setiap karakter. Kalian bisa menahan serangan dengan menggunakan tombol R1 atau pun menghindar dengan menggunakan tomol X.

Walaupun sistem pertarungan berubah menjadi lebih agresif, pengembang masih menggunakan sistem asli dari game ini. Kalian dapat memberikan poada karakter party untuk mengeluarkan skill, sihir atau item yang menggunakan bar ATB dengan menekan tombol O. Dengan begitu, bar ATB merupankan bar penting untuk menyelamatkan kalian disetiap pertarungan.

Di Final Fantasy VII Remake ada sebuah item bernama Materia, Materia merupakan item yang berbentuk bola kristal yang digunakan untuk melengkapi adar mendapatkan skill baru pada setiap karakter, baik akti ataupun pasif. Materia ada beberapa jenis yang dibagi berbagai warna yang akan memiliki fungsinya yang berbeda-beda. Materia ini bisa dipasangkan dengan senjata, Armor, dan aksesoris dari setiap karakter. Kalian bisa mengatur pemasangan materia ini agar mendapatkan Ability yang kuat.

Bukan hanya skill saja yang kalian dapatkan dari materia, melainkan ada Summon, penggunaan Summon lebih sedikit dibandingkan penggunaan skill atau sihir. Dikarenakan Summon bisa digunakan jika bar yang berwarna ungu sudah penuh. Jika sudah penuh maka kalian bisa meanggil Summon untuk membantu kalian melawan musuh.

Kalian bisa mengidentifikasi terlebih dahulu musuh yang akan dihadapi menggunakan skill asses agar kalian tahu apa yang akan menjadi kelemahan dan resistensi musuh yang dihadapi. Dengan begitu kalian bisa menggunakan serangan yang tepat untuk mengalahkan musuh.

Pada Episode pertama di game FFVII Remake ini, Kalian hanya akan menggunakan empat karakter yaitu Cloud, tifa, Barret, dan Aerith. Setiap karakter memiliki skill yang berbeda-beda  yang bisa ditentukan dengan tombol segitiga.

Cloud akan mempunyai dua mode pertarungan yang berbeda yaitu Operator dan Punisher mode. Untuk mode Operator, serangan dan pertahanan akan seimbang dengan gerakan yang cepat. Untuk mode Punisher akan sedikit melambat, akan tetapi serangannya akan meningkat dan memiliki serangan balik disaat menahan serangan musuh.

Barret akan mempunyai kemampuan yang bernama Overcharge, Ia akan menembakan sebuah meriam berkali-kali. Skil ini bisa kalian gunakan dengan menekan tombol segitiga tanpa menggunakan ATB dan MP. Akan tetapi, jika Overcharge sudah digunakan kalian harus menunggu dengan waktu yang kama untuk bisa menggunakannya lagi.

Tifa, karakter yang sangat cantik digame Final Fantasy VII Remake akan mempunyai kemampuan serangan spesial yang berguna untuk menutup kombo. Serangan ini bisa berubah-ubah jenisnya dilihat dari skill yang aktif. Ia memiliki variasi dan kombinasi skill yang banyak.

Aerith merupakan karakter wanita yang memiliki kemampuan untuk sihir dan bisa memulihkan Hp pada karakter. Ia merupakan penyerang jarak jauh yang menggunakan proyektil seperti barret. Aerith mempunyai skill special yang bernama Tempest yang bisa digunakan untuk meledakan sekitarnya.

Pada game Final Fantasy VII Remake ini mempunyai beragam game mini yang unik yang menambahkan gameplay jadi lebih asyik. Beberapa game mini yang bisa kalian mainkan adalah beradu squats di gym, melempar darts, pertarungan menggunankan motor, menyamkan gerakan tuas, mengandalikan tangan robot untuk melawati halangan, memompa air, menghancurkan anggka hingga penuh.

Yang tidak boleh kalian lewatkan yaitu pertarungan dengan boss yang sangat keren. Setiap boss pada game ini akan menghadirkan pertarungan yang sangat keren. Untuk melawan boss Scorpion atau Airbuster saja, akan membutuhkan usaha yang lama untuk mengalahkannya, padahal mereka merupakan boss awal pada game ini. Dan juga kalian akan disugukan cut scene yang sangat bagus, yang bisa membuat kalian bertepuk tangan.

Grafik

Final Fantasy VII Remake

Final Fantasy VII Remake menggunakan Unreal Engine 4, yang membuat mereka berhasil membuat game ini menjadi sempurna, jauh lebih baik dari yang pertama kali mereka pamerkan di E3 2015. Unreal Engine 4 digunakan dengan baik oleh pengembang sehingga membuat para gamer kagum dengan grafik FFVII Remake ini.

Walaupun tempat dalam game ini hanya ada dikota midgar saja, akan tetapi pengembang benar-benar membangunnya dengan sangat indah. Kota midgar yang didalam game dulu sangat terlihat kecil, kini berubah menjadi kota yang sangat indah dan kokoh yang sangat bagus dilihat.

Bukan hanya kota midgar saja yang bagus, akan tetapi karakter, summon, dan monster didalam game juga dibuat dengan sangat indah dan keren. Karakter seperti Tifa dibuat dengan keseksiannya yang bisa membuat kalian tidak bisa mengedipkan mata, Aerith yang terlihat aura kecantikannya, dan Jessie yang terlihat sangat riang.

Audio

Nobuo Uematsu yang berkolaborasi dengan Masashi Hanauzu merupakan orang yang menghidupkan permainan melalui musiknya. Mereka berhasil membuat setiap momen pada Final Fantasy VII Remake menjadi lebih hidup dan berkesan.

Untuk pemilihan suara karakter pun sangat bagus, yang memiliki kualiatas suara yang sangat keren dan pas. Dan juga efek suara-suara lainnya seperti suara pertarungan, ini menjadi hal yang snagat menarik dan menjadikannya sangat mewah dan berkelas.

Kesimpulan

Final Fantasy VII Remake Final Fantasy VII merupakan game yang pantas untuk diremake, karena bisa membuat kalian terpesona dari segi cerita dan pesona yang membuat FFVII ini sangat disukai dari karakter, Kota Midgar, ceritanya, gameplay, dan segala sesuatu yang ada digame ini. Game ini merupakan game terbaik yang pernah diciptakan.

6 thoughts on “Review Final fantasy VII Remake

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ghost of Yotei

Sony dan Sucker Punch Resmi Perkenalkan Ghost of Yotei

Jagoangame.id - Sony dan Sucker Punch Resmi Perkenalkan Ghost of Yotei – Sekuel Ghost of Tsushima yang Siap Eksplorasi Era…
PlayStation Portal

Review Lengkap PlayStation Portal ™ Remote Player

Jagoangame.id - Sony memperkenalkan inovasi terbaru mereka, PlayStation Portal™ Remote Player, sebagai solusi canggih untuk membawa pengalaman konsol PS5 ke…
Game PS5 Terbaik

[Rekomendasi] Game PS5 Terbaik yang Menguasai Industri

Jagoangame.id - [Rekomendasi] Game PS5 Terbaik yang Menguasai Industri - PlayStation 5 (PS5) telah menjadi rumah bagi beberapa pengalaman gaming…
game ps5 terlaris

[Rekomendasi] Game PS5 Terlaris yang Mengukir Sejarah

Jagoangame.id - Konsol PlayStation 5 (PS5) dari Sony telah merajai pasar game dengan pencapaian luar biasa, tidak hanya berkat teknologinya…
Marvels Spiderman 2

[News] Marvels Spiderman 2 Tambahkan Fitur Game Plus Dan Mission Replay

Marvels Spiderman 2 Tambahkan Fitur Game Plus Dan Mission Replay – Insomniac Games akan menambahkan fitur New Game Plus dan…

10

Masterpiece

Pros

  • Story yang sangat bagus
  • Visualisasi yang sangat keren
  • Sistem pertarungan yang bagus
  • Karakter yang sangat keren

Cons

  • Tidak bisa memilih karakter party