FIFA 23

Review FIFA 23

Available Platforms
Genre

Sports

Release Date

30 September 2022

Developer

EA Vancouver, EA Romania

Publisher

Electronic Arts

Deals
Rp455,400
Rp605,400
FIFA 23 merupakan game yang bergenre Sport yang dikembangkan oleh Electronic Arts. Game ini merupakan seri ke 30 dari game FIFA untuk Playstation 4, Playstation 5, Nontendo Switch, Pc, Xbox One, Xbox Series X/S, dan Google Stadia.

Jagoangame.id – Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan review FIFA 23, game ini sendiri menjadi perilisan game bola sepak tersukses EA (Electronic Arts) sepanjang sejarah. Game yang dirilis pada 27 September ini telah mencatatkan 10,3 juta pemain dalam kurun waktu satu minggu.

Game ini sendiri sebenarnya tidak memberikan banyak perubahan yang signifikan, melainkan hanya memberikan sedikit polesan di beberapa bagian tertentu yang justru dapat membuat FIFA 23 ini memiliki gameplay yang lebih fresh dari versi-versi sebelumnya sehingga akan terasa lebih fun saat dimainkan.

Baiklah, tidak usah berlama-lama lagi karena Jagoan Game sendiri juga sudah tidak sabar untuk mengulas review FIFA 23 yang satu ini.

HyperMotion2 yang Membuat FIFA 23 Menjadi Lebih Realistis

Pada seri kali ini FIFA 23 memberikan gameplay yang berbeda dengan versi sebelumnya, beberapa penambahan fitur turut andil untuk membuat perbedaan yang cukup signifikan dari versi sebelumnya. Beberapa fitur yang ditambahkan antara lain adalah technical dribbling, power shots, dan accelerate. Ada juga beberapa perombakan seperti cara melakukan tendangan bebas dan pilanti.

Dengan adanya penambahan fitur power shots sendiri membuat FIFA 23 ini membuat kita bisa mencetak gol dari jarak jauh, sementara pada versi sebelumnya kita tidak bisa melakukannya. Lalu dengan adanya penambahan fitur technical dribbling akan membuat jalannya permainan menjadi lebih menyenangkan karena pergerakan bola dari kaki akan terasa lebih smooth.

Adanya fitur ini juga membuat pergerakan dribble bola dari pemain akan menjadi lebih luwes dan tidak kaku seperti versi sebelumnya. Contoh mudah yang bisa kalian dapatkan adalah ketika hendak menggocek pemain lawan, ketika bola berada lebih dekat dengan pemain kalian, maka animasi permainan ini akan menyesuaikan dengan kecepatan kalian. Satu hal yang perlu kalian ingat adalah gampang atau sudahnya melakukan dribbling adalah tergantung status pemain. Lalu dengan adanya fitur accelerate, semua pemain akan bisa berlari dengan cepat.

 

Pada versi sebelumnya para pemain yang memiliki kemampuan berlari dengan cepat akan sangat sulit sekali dikejar, namun sekarang hal itu dapat diatasi dengan pemain dengan stamina yang lebih besar. Pada versi sebelumnya para defender akan cenderung kesusahan mengejar penyerang lawan yang dapat berlari dengan cepat seperti Vinicius Jr yang merupakan pemain tipe eksplosive.

Pada versi sekarang pemain seperti itu dapat ditahan dengan defender seperti virgil vandijk yang memiliki stamina dan strength yang lebih besar. Pembaruan yang akan sangat disukai adalah pada bagian free kick, dan penalty. Pada saat melakukan free kick akan ada arah bola yang dapat menunjukan arah tendangan, untuk memaksimalkan tendangan tersebut tentunya juga bergantung pada status pemain, semakin tinggi status nya pasti tendangan nya juga semakin akurat.

Untuk penalty sendiri akan ada lingkaran yang membesar dan mengecil di sekitar bola, lalu tekan saat lungkaran tersebut berwarna hijau. Kalian bisa mengarahkannya ke kiri atau ke kanan sesuka hati kalian. Perlu kalian bahwa status pemain sangat berpengaruh untuk melakukan berbagai tendangan.

Penambahan Fitur pada Player Career Mode

FIFA 23

Review FIFA 23 kali ini adalah bagian player career mode yang mendapatkan penambahan fitur. Fitur yang ditambahkan pada bagian ini adalah player personaliti. Ada tiga personality yang bisa diterapkan, yaitu maverick, virtuoso, dan heartbeat. Setiap personality tersebut memiliki kelebihannya masing-masing.

Kalian bisa meningkatkan status personality tersebut tidak hanya dari pertandingan, kalian juga bisa meningkatkan personality pemain kalian dengan berbelanja atau berunvestasi.seperti personality maverick yang akan meningkat jika kalian berbelanja. Untuk mendapatka uang belanja tersebut bisa dari gaji pemain maunpun investasi.

Beberapa personality tersebut akan meningkatkan status tertentu yang berbeda-beda tergantung personality. Kalian bisa memaksimalkan potensi personality tersebut jika kalian jago memainkannya. Untuk semua hal selain personality, pada career mode ini masih sama seperti sebelumnya.

Bisa Memakai Manager Sungguhan dalam Career Mode Manager

https://youtu.be/8MMnvDnU6N4

Pada FIFA 23 ini akhirnya kita bisa menggunakan pelatih asli dunia nyata seperti Carlo Anceloti, Frank Lampard, atau Pep Guardiola. Hal ini akan menjadi semakin kompleks karena pada versi sebelumnya EA sudah menambahkan fitur yang sangat menarik yaitu kita bisa mempuat tim kita sendiri.

Dengan begitu pastinya akan sangat menarik jika kita sedang membangun tim impian yang bisa dilatih oleh pelatih asli yang terkenal di dunia nyata. Pada fitur pembuatan tim kali ini juga mendapatkan update an yang cukup bagus karena pemilihan kit jersey dan logo menjadi semakin banyak dan tidak monoton seperti versi sebelumnya.

Satu hal yang menjadi kekurangan pada FIFA 23 adalah kita tidak bisa membuat stadion untuk tim kita, kita hanya bisa menggunakan stadion yang sudah disediakan saja. Untuk keseluruhan selain yang disebutkan diatas tidak ada perubahan yang signifikan, hanya perubahan UI yang diperbarui agarr terlihat lebih fresh.

Chemistry Pemain di FIFA Ultimate Team Lebih Padu

FIFA 23

Yang membuat saya lebih bersemangat untuk melakukan review FIFA 23 yaitu karena EA sudah lebih baik kepada pemainnya, hal ini dapat langsung terlihat dari chemistry pemain menjadi lebih terbentuk dalam team. Sekarang pemain hanya perlu dalam satu club atau satu negara tanpa memandang posisi yang sama atau berdekatan.

Untuk yang belum tahu, pada FIFA versi sebelumnya para pemain hanya akan mendapatkan chemistry dengan pemain yang satu tim atau negara tetapi harus memiliki posisi yang sama atau berhubungan seperti GK dengan CB atau CF dengan CMF.

Untuk FIFA 23 ini chemistry para pemainnya menjadi lebih padu, seperti Vinicius Jr yang berposisi striker dapat memiliki chemistry dengan Curtois yang notabene seorang Goal Kepeer.

Visual yang Lebih Detail

FIFA 23

Tidak ada perbedaan dengan versi sebelumnya yang menggunakan frostbite engine sebagai basis utama pembuatannya, namun pada FIFA 23 kali ini mendapatkan beberapa improvisasi yang membuat detail-detail dalam game menjadi lebih baik dari pada FIFA versi sebelumnya.

Mulai dari pergerakan pemain yang menjadi semakin halus, sampai kita bisa melihat tekstur rumput dengan sangat jelas tanpa perlu melihat dengan zoom atau dari sisi tertentu. Yang menambah keren adalah para penonton yang akhirnya memiliki variasi wajah beda dengan sebelumnya yang orangnya itu-itu terus.

Selain itu dengan penambahan lebih banyak cutscene, mulai dari cutscene juara liga atau kejuaraan tertentu, pertandingan derby rival, dan lain sebagainya yang akan menambah atmosfer dalam game ini menjadi semakin menarik untuk dimainkan.

Kesimpulan FIFA 23

FIFA 23

Jika dilihat secara keseluruhan, tidak ada perombakan besar-besaran dalam FIFA terbaru kali ini, namun penambahan beberapa pernis kecil dan beberapa improvisasi membuat gameplay dari FIFA 23 ini menjadi terasa lebih hidup dan lebih fresh dari FIFA versi sebelumnya.

Mungkin itu saja informasi yang dapat saya berikan pada review FIFA 23 kali ini, kalian bisa memainkan game ini untuk merasakan secara langsung tentang apa yang saya berikan pada review kali ini. Selain itu ada fitur baru pada mode volta yang bisa kalian mainkan untuk mendapatkan reward menarik.

 

6 thoughts on “Review FIFA 23

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ghost of Yotei

Sony dan Sucker Punch Resmi Perkenalkan Ghost of Yotei

Jagoangame.id - Sony dan Sucker Punch Resmi Perkenalkan Ghost of Yotei – Sekuel Ghost of Tsushima yang Siap Eksplorasi Era…
PlayStation Portal

Review Lengkap PlayStation Portal ™ Remote Player

Jagoangame.id - Sony memperkenalkan inovasi terbaru mereka, PlayStation Portal™ Remote Player, sebagai solusi canggih untuk membawa pengalaman konsol PS5 ke…
Game PS5 Terbaik

[Rekomendasi] Game PS5 Terbaik yang Menguasai Industri

Jagoangame.id - [Rekomendasi] Game PS5 Terbaik yang Menguasai Industri - PlayStation 5 (PS5) telah menjadi rumah bagi beberapa pengalaman gaming…
game ps5 terlaris

[Rekomendasi] Game PS5 Terlaris yang Mengukir Sejarah

Jagoangame.id - Konsol PlayStation 5 (PS5) dari Sony telah merajai pasar game dengan pencapaian luar biasa, tidak hanya berkat teknologinya…
Marvels Spiderman 2

[News] Marvels Spiderman 2 Tambahkan Fitur Game Plus Dan Mission Replay

Marvels Spiderman 2 Tambahkan Fitur Game Plus Dan Mission Replay – Insomniac Games akan menambahkan fitur New Game Plus dan…

9

Amazing

Pros

  • Game Sport terbaik
  • Visualisasi yang sangat bagus
  • Lisensi resmi FIFA World Cup 2022
  • Tersedia Club sepak bola Wanita

Cons

  • Tidak semua Fitur dikembangkan EA